Pages

Wednesday 7 September 2016

Hemat Ala Anak Kos (Makan Enak Tetep Irit)





Tannggal tua, kiriman belum dateng, list pembelian buku menumpuk, print tugas,
dan lain, dan sebagainya. Atau, buat yang mahasiswa beasiswa, dana beasiswa turun yang kelamaan naudzubillah! Semua keluhan mahasiswa kosan terlalu banyak. Terlebih kalau memikirkan masalah perut. Waduh...

Ada kok, cara agar anak kos masih bisa makan enak, walaupun dompet sedang tidak ilmiah alias tipis pis, pis, pis. Salah satu caranya adalah dengan memasak. Yup! Tidak ada cara yang paling hemat lagi kecuali masak sendiri. Menu yang dapat dijadikan santap hemat adalah tempe kecap. Tempe, selain makanan yang sehat, juga makanan yang paling murah untuk didapatkan. Cuma dengan Rp1000 saja, sudah bisa beli tempe dengan ukuran yang jika dimasak menjadi tempe kecap sudah cukup untuk makan 3 kali sehari.

Lalu bagaimana dengan bumbu-bumbu yang lain? Bumbunya kan hanya bawang merah, bawang putih, cabai, garam dan tentunya kecap. Beli saja bawang merah, bawang putih, dan cabai Rp3.000 saja. Bisa dipakai 3 hari. Harga kecap hanya Rp1.500 bisa dipakai untuk 3 hari juga. Jadi, kalau dihitung selama 3 hari cuma Rp13.500. Hemat banget, kan?

Bosen dong makan tempe kecap tiap hari. Ada solusi jitu. Yang penting, kalian punya beras saja di kos-kosan. Maka masalah akan terselesaikan. Yaitu, dengan cara membuat nasi goreng sendiri. Bumbu-bumbu untuk membuat tempe kecap adalah juga bumbu untuk membuat nasi goreng. Kalau masih merasa bosan, bisa dengan membeli telur dan tepung terigu. Yup! Dengan mencampur terigu pada telur saat akan menggorengnya, maka ukuran satu telur akan lebih besar. Dan satu telur seharga Rp1.500 bisa dijadikan 3 kali makan. Sekali lagi, harus punya beras sendiri, ya?

Untuk yang tidak bisa masak di kosan, cara paling hemat adalah dengan menebeng ke teman sekosan. Itu pun kalau kamu tidak punya malu untuk meminta ke mereka setiap saat. Atau parahnya, temanmu akan banting pintu kamar tiap kamu berniat pergi ke sana. Haha...

No comments:

Post a Comment